Unknown
Rangkaian pemancar FM 3 Volt  adalah tentang pemancar sederhana dan paling dasar untuk membangun dan memiliki jangkauan transmisi yang berguna meskipun jumlah komponen yang kecil dan tegangan operasi 3 Volt. Ini akan dengan mudah menembus lebih dari tiga lantai sebuah gedung apartemen dan  memancar lebih dari 300 meter di udara terbuka.
Adapun gambar skema rangkaian pemancar FM 3 Volt ini bisa Anda lihat di bawah ini.

Rangkaian pemancar FM 3 Volt ini  pada dasarnya adalah frekuensi radio (RF) osilator yang beroperasi di sekitar 100 MHz. Audio mengambil suara dari mikrofon electret dimasukkan ke tahap penguat audio dibangun di sekitar transistor pertama. Output dari kolektor dimasukkan ke basis transistor kedua dimana itu memodulasi frekuensi resonan dari rangkaian tangki (the 5 turn coil and the trimcap) dengan memvariasikan persimpangan kapasitansi transistor. Kapasitansi Junction adalah fungsi dari beda potensial diterapkan pada basis transistor.
Tempatkan pemancar sekitar 10 meter dari radio FM. Mengatur radio untuk suatu tempat sekitar 89-90 MHz. Kembali ke pemancar FM dan menyalakannya. Menyebarkan kumparan berliku terpisah sekitar 1mm dari satu sama lain. Gunakan obeng kecil untuk menyempurnakan tutup trim. Lepaskan sekrup yang memangkas sehingga setelah setiap penyesuaian sirkuit LC tidak terpengaruh oleh capicitance liar. Atau gunakan sebuah plastic screw driver.
Penasaran? Bagi hobbyist dan praktisi elektronika bisa mencoba rangkaian pemancar ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
0 Responses

Posting Komentar